Friday, September 7, 2012

Kasus Financial Shenanigans di Indonesia


Terdapat beberapa riset akuntansi yang dilakukan di pasar modal Indonesia untuk membuktikan adanya praktik earning management di pasar modal Indonesia. Penelitian yang dilakukan Gumati (2001) menunjukkan bukti adanya upaya manajemen perusahaan untuk menaikkan tingkat keuntungan pada periode 2 tahun sebelum go public. Penelitian ini menggunakan pendekatan total accrual terhadap IPO antara tahun 1995-1997 Penelitian Gumati diperkuat oleh penelitian Saiful (2004) dan Feliana Yie Ke & Mochtar Hendra yang melakukan penelitian pada 1994-2000.

Dan masih banyak penelitianpenelitian akuntansi lainnya yang mencoba mengaitkan praktek earning management dengan ukuran perusahaan (size), struktur kepemilikan perusahaan governance yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu
.
Dalam tahun 2000-2005, paling tidak terdapat beberapa skandal akuntansi yang menjadi sorotan publik dan media massa Indonesia antara lain kasus Kimia Farma, Indofarma, Bank Global, Great River, dan PT Kereta Api Indonesia, dan mungkin masih banyak lagi.

No comments:

Post a Comment